Tips Mancing Ikan Nila Liar

Salam Strike!!

Untuk Anda pecinta mancing ikan nila liar, kami disini akan memberikan Tips Mancing Ikan Nila Liar Paling Manjur, agar mempermudah dalam memancing ikan nila.


Tips Mancing Ikan Nila Liar Paling Manjur

Dari karakteristik ikan nila di alam liar yang rakus, Anda akan sangat mudah untuk mendapatkan ikan, asalhkan Anda menggunakan umpan yang tepat. Nah dibawah ini kita akan ulas apa saja sih Tips Mancing Ikan Nila Liar? Yuk simak selengkapnya.

  • Gunakan Kail Garongan

Ada 2 cara memasang umpan pada kail garongan. Umumnya jumlah mata kail yang menentukan. Untuk jumlah mata kail 3, para pemancing biasanya menautkan umpan pada penyanggah utama mata kail sehingga umpan menutup sebagian kail.

Sedangkan untuk mata kail 6-7 biasanya umpan ditautkan pada kenur dengan rentang jarak 12 cm dari lubang ikat mata kail. Bisa diikat dengan karet untuk memudahkan mengatur jarak.

  • Lumut Sebagai Umpan Utama

Lumut yang bagus untuk mancing ikan nila liar adalah dari lumut yang berasal dari tempat yang kaya oksigen. Cara memasang umpan lumut pada kail tunggal yaitu dengan memutar kail hingga lumut menggimpal memanjang. Hal ini dipercaya lebih disukai ikan dan metode efektif agar sukses menaikan ikan ke permukaan. Baca Juga : Essen Ikan Nila Liar

  • Waktu Mancing

Ikan nila biasa makan lumut di sore hari menjelang terbenamnya matahari kecuali jenis nila yang sengaja dibudidayakan. Pemahaman ang kurang tentang waktu memancing ikan nila adalah faktor utama keboncosan para pemancing.

  • Gunakan Rampai dan Buah Seri Sebagai Umpan Alternatif

70% ikan tawar memakan umbian dedaunan termasuk rampai dan buah seri yang digemari ikan gurame. Tak jarang ikan nila juga mengemarinya. Cobalah menggunakan 2 umpan alternatif tersebut selain lumut dan pelet.

Cara memasang umpan tersebut pada mata kail cukup mudah, cukup gunting ujung daun pepaya mengarah kebagian dalam. Yang perlu diperhatikan adalah alur ruas daun lunak disesuaikan dengan mata kail yang hendak dipakai memancing.

  • Penggunaan Kumbulan atau Pelampung

Penggunaan pelampung berfungsi untuk menyeimbangkan dan membatasi jarak main kedalaman. Pelampung cukup penting karena sebagai alat indikator dan juga sebagai peredam getaran joran yang lentur sehingga ikan nyaman berkumpul.

  • Tentukan Spot Mancing

Spot yang bagus untuk mancing ikan nila liar bagi pemula adalah rawa dan danau, dengan mengenali area yang lebih terbuka dibagian permukaan airnya, biasanya terdapat lumut lebih baik dipermukaan yang terbuka dan langsung berhadapan dengan sinar matahari.

Itulah beberapa Tips Mancing Ikan Nila Liar Paling Manjur yang bisa Anda coba sendiri. Semoga bisa menambah kreativitas Anda dalam memancing. Selamat bertarung dan Salam Strike!!


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*