Teknik Mancing Ikan Di Laut Lepas

Salam Strike!!

Mancing adalah hoby yang cukup mahal dengan banyak resiko didalamnya, banyak kejadian yang bahkan hingga merenggut nyawa pemancing, jadi diharapkan sebelum mancing di laut dipersiapkan dengan seksama alat dan bahan yang dibutuhkan.

Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas mengenai teknik mudah mancing di laut kepas. Ada banyak hal dan teknik yang perlu diperhatikan untuk memancing di laut, agar mendapatkan tangkapan yang memuaskan.

1. Teknik Mancing Ikan Diatas Batu Karang (Rockfishing)

Lokasi mancing di pinggir pantai yang berkarang cukup terjal lumayan sulit dicapai, banyak pemancing yang menyukai spot seperti ini, karena tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai batu karang yang curam dan terjal, tentunya berbahaya.

Untuk alat pancing haruslah menggunakan jejer atau joran yang kuat dan senar yang berukuran sedang karena buruan kita adalah ikan besar. Umpan sendiri, kita bisa menggunakan irisan ikan, udang mati, cacing laut, kepiting kecil, udang hidup, juga bisa menggunakan umpan tiruan.

2. Teknik Mancing Dipinggir Pantai (Surfishing)

Biasanya dilakukan di daerah pinggir pantai berpasir dengan menggunakan joran yang panjangnya sekitar 5 meter. Teknik ini dilakukan dengan melempar sejauh-jauhnya dan biarkan mendarat diam ditempat umpan tersebut jatuh, teknik mancing ini harus menggunakan umpan timah pemberat.

Umpan yang digunakan biasanya irisan ikan, cacing laut, kerang-kerang yang ditemukan dipantai, irisan kepiting, udang, ikan hidup selain itu umpan tiruan juga bisa dijadikan alternatif.

3. Teknik Mancing Ditengah Laut

Teknik mancing ikan ini disebut juga dengan, teknik ini memiliki cara yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Mancing Dasaran
    Dilakukan di atas perahu yang dijangkar disebuh lokasi. Menggunakan pemberat dengan bahan timar agar bisa menenggelamkan umpan hingga ke dasar laut.
  • Mancing Hentak
    Tekniknya sama dengan mancing dasar, perbedaan mendasar hanya pada umpan yang digunakan. Mancing hentak menggunakan umpan tiruan yang sudah diberi pemberat supaya tenggelam sampai dasar laut. Umpan biasanya menyerupai ikan kecil, cacing, udang , dll.
  • Mancing Terhanyut
    Teknik ini dilakukan dengan menghanyutkan umpan dan menjalanku perahu perlahan diarea sekitar karang/gugusan terumbu karang tempat ikan berkumpul sehingga umpan akan terlihat hidup.
  • Mancing Tonda
    Target dari mancing tonda adalah ikan-ikan dengan ukuran besar. Piranti yang digunakan yaitu conventional. Umpan yang dipakai usahakan umpan hidup atau umpan tiruan.

Itulah Teknik mancing ikan di laut lepas yang bisa kami ulas. Semoga bisa membantu Anda dan dapat meningkatkan kreativitas Anda dalam memancing.

Selamat Mencoba dan Salam Strike!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*