Mancing Ikan Tawes Dengan Rangkaian Rampok

Salam Strike!!

Ikan tawes merupakan ikan yang hidup bergerombol. Ikan tawes yang hidup di sungai berarus deras atau di waduk tentunya menyulitkan para pemancing, hal ini karena di sungai yang berarus deras biasanya umpan mudah habis atau bahkan hilang terbawa arus.

Apabila umpan dipasar terlalu besar pada mata kail, biasanya tidak efektif. Ikan tawes akan memakan umpan namun mata kail tidak menyangkut pada mulutnya. Terus bagaimana cara mengatasi masalah itu?

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita bisa menggunakan rangkaian rampok. Rangkaian rampok ini disebut juga dengan rangkaian ombyok yaitu rangkaian pancing yang terdiri dari banyak mata kail, bisa lebih dari lima kail dalam satu rangkaian.

Pada rangkaian rampok sisipi sebuah peniti, swivel, pemberat atau snap yang berfungsi menjaga umpan agar lebih kuat menempel dan tidak mudah hilang terbawa arus.

Selain itu, rangkaian rampok juga ada yang terbuat dari batok kelapa. Rangkaian ini juga dikenal dengan nama ombyok batok. Karena sekarang batok kelapa susah dicari, Anda bisa menggunakan tutup botol mineral.

Keunggulan dari rangkaian rampok ini memungkinkan kita memasang umpan dengan jumlah yang banyak namun mata kail bisa dengan mudah menancap pada mulut ikan. Bahkan dalam satu rangkaian bisa lebih dari satu ikan yang nyangkut. Anda tidak perlu menghentakkan joran, diamkan saja maka ikan tawes akan tersangkut mata kail dengan sendirinya.

Selain itu, menggunakan rangkaian ombyok juga memungkinkan kita menggunakan teknik dasaran di arus sungai yang deras. Dengan rangkaian ini umpan tidak akan mudah lepas terutama jika Anda menggunakan rangkaian ombyok batok.

Lantas bagaimana cara membuat rangkaian ombyok batok? Pertama yang harus Anda persiapkan adalah batok kelapa yang dibentuk bulat atau tutup botol mineral. Lubangi batok di pinggirnya dengan sebanyak 6 buah dengan jarak yang sama.

Setelah itu, ikan senar pada swivel dengan panjang 10 cm, masukkan tiap senar ke tiap lubang pada batik atau tutup mineral. Maisng-masing senar dipasangi satu mata kail. Rangkaian ombyok batok siap digunakan.

Untuk umpan yang digunakan, Anda bisa menggunakan umpan racikan ikan tawes. Selain untuk mancing ikan tawes, rangkaian rampok juga bisa digunakan untuk mancing ikan belanak, ikan wader, ikan nilem, ikan beles, dan jenis ikan lainnya.

Selamat Mencoba dan Salam Strike!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*